Sudah dua malam ini bolos tarawih. Alasannya klasik; ada urusan lain. Salah pastinya pakai alasan kayak gitu. Tapi memang kebetulan kemarin ada jadwal ke satu tempat printing dan kalau harus nunggu besok paginya nanti hal-hal lain ikut terundur. Itu alasan kemarin malam. Kalau alasan malam ini kenapa nggak tarawih sih... moodnya ga pas. Hahaha. Dosa dah. Tapi emang hari ini moodnya emang cukup diuji. Alhamdulillah-nya emosinya bisa dijaga karena ingat sedang berpuasa. Sayang kan kalau sudah niat puasa tapi nggak sah hanya gara-gara hal sepele? 

Bicarain soal puasa. Ramadhan tahun ini cukup menarik untukku. Jalan dua tahun belakangan ini aku aktif mendonor darah. Selama menjadi pendonor yang aktif baru satu kali melewati bulan Ramadhan, yaitu tahun lalu. Jadi ini Ramadhan kedua. Menariknya, jadwal donor darahku tepat di bulan Ramadhan. Bagi kamu yang belum tahu, pendonor darah aktif hanya boleh mendonor setiap 75 hari sekali atau 2,5 bulan sekali. Kalau kamu tertarik untuk jadi pendonor aktif tapi malas menghitung jumlah hari sejak donor terakhir, aku saranin daftar di PMI kota. Nanti pasti dikirim sms kalau sudah boleh mendonor lagi. 

Nah, Ramadhan ini aku kena jadwal untuk donor darah, karena terakhir donor pertengahan April kemarin. Sempat ragu awalnya apa donor darah membatalkan puasa? Ternyata dalam hukum Islam tidak ada larangan bagi orang yang berpuasa untuk mendonorkan darahnya. Dengan catatan tubuh dalam keadaan fit atau tidak menimbulkan efek samping setelah donor. Toh sebelum donor dilakukan selalu ada pengecekan medis untuh tahu apa calon pendonor bisa mendonor. 

Kebetulan hari Minggu besok tanggal 6 Juli ada acara donor darah. Menurut info dari PMI acaranya diadain sama SCTV. Hobiku setiap donor darah adalah mencari tempat-tempat yang beda dan unik jadi donor darahnya selalu mempunyai memori. Misal nih, aku pernah donor darah di kebun binatang (Gembira Loka), pernah di perpus, pernah di fakultas, dll. Seru aja sih menurutku, jadi nggak menjadi rutinitas yang membosankan juga. 

Nah kali ini aku rencana mau ikut acara dondar SCTV itu. Uniknya lagi, dondarnya diadakan pada malam hari. Alasannya mungkin karena bulan puasa jadi tidak mengganggu jalannya puasa. Aku sih cukup semangat untuk Minggu besok ini. Moga-moga ga pas sakit atau lemas. Lumayan buat pengalaman baru lagi jadi setiap donor selalu ada cerita pernah di sini di situ. Hehe.

Well postingan kali ini kayaknya fokus ke donor darah malah. Haha. Niatnya sih nggak. Ya namanya juga menulis; suka mengalir sendiri kadang. Baiklah sahur tinggal beberapa jam lagi. Mesti tidur sekarang.